Merombak Masyarakat Indonesia Dengan Solusi Total Omron

Apa yang ada di benak Anda ketika memikirkan otomatisasi? Anda mungkin memikirkan robot Jepang, mesin yang merakit mobil di lini produksi, atau lampu di ruangan yang menyala ketika mendeteksi gerakan. Dan Anda benar, namun hal tersebut hanyalah sebagian dari sesuatu yang lebih besar.

“Di Omron, kami menganggap otomatisasi lebih dari sekadar teknologi, namun pola pikir, sesuatu yang memiliki potensi besar bagi setiap aspek kehidupan manusia,” ucap Budi Sutanto, Direktur Pelaksana, PT Omron Electronics Indonesia. “Otomatisasi memungkinkan orang mengerjakan sesuatu dengan lebih cepat dan efisien, atau menyelesaikan pekerjaan yang sebelumnya tidak bisa dilakukan. Anda dapat menerapkannya ke setiap aspek mulai dari pabrik hingga perkotaan, dengan menawarkan peluang besar bagi orang-orang untuk menciptakan kebahagiaan, menjalin pertemanan, dan menciptakan keindahan.”

Jadi, apa yang bisa dilakukan oleh otomatisasi untuk Indonesia?

Bisakah mobil tanpa pengemudi menjadi solusi untuk kemacetan?

Akankah mobil dengan kemudi otomatis menjadi solusi kepadatan lalu lintas? Jika benar, itu akan menjadi kabar bagus bagi para pengemudi dan mereka yang setiap hari pulang-pergi, yang harus menghadapi lalu lintas terburuk di dunia di Jakarta! Di Omron, kami percaya itu bisa.

Banyak perusahaan telah membuat mobil futuristis tanpa pengemudi: kendaraan yang menggunakan sensor dan GPS untuk mendeteksi dan bereaksi tak hanya terhadap posisi mereka di jalan, namun juga jarak dengan kendaraan lain atau kemungkinan halangan. Karena dijalankan oleh komputer yang sangat presisi, mobil tanpa pengemudi menghindari banyak perilaku manusia – seperti menghidupkan dan mematikan mesin, berkendara terlalu dekat dengan mobil lain, atau salah menilai celah di jalan – yang menyebabkan kemacetan dan kecelakaan. Bagi lebih dari 72 juta kendaraan di jalanan Indonesia, hal ini dapat berarti perjalanan pulang-pergi yang lebih cepat serta lebih banyak waktu produktif dan santai bagi pengemudi: menelepon dan menonton video sambil mengemudi tak lagi mengancam keselamatan!

Hal ini memerlukan otomatisasi dalam skala luas karena mobil tanpa pengemudi diperkirakan dilengkapi sebanyak 200 sensor di dalamnya dalam waktu dekat, sehingga menambah 22 miliar sensor baru yang dibuat untuk industri otomotif global hingga tahun 2020. Platform perangkat lunak harus bertindak terhadap data sensor tak hanya dari mobil, namun juga lampu lalu lintas dan infrastruktur jalan lainnya – semua tanpa campur tangan manusia dalam sebagian besar prosesnya.

Kita sudah sangat dekat dengan mobil tanpa pengemudi dan kemacetan lalu lintas terakhir. Saat ini, Omron ada dalam setiap aspek industri perakitan otomotif. Mulai dari tag ID pembawa data kecil untuk melacak dan mendokumentasikan setiap bagian mobil hingga sistem kontrol robotik yang mengontrol rakitan piston blok mesin hingga sensor otomatis dan tirai pengaman untuk memantau batas area guna memastikan keselamatan pekerja dan melindungi terhadap kecelakaan, solusi Omron mencakup proses pembuatan mobil dari awal hingga akhir. Itulah alasan kami menyebutnya Solusi Total Omron!

Perubahan total dalam lalu lintas menuntut solusi total, yang jauh melampaui apa yang terjadi di jalanan!

Susu segar, lebih cepat, setiap hari

Otomatisasi tak hanya berperan penting dalam perkembangan futuristis. Setiap kali Anda minum segelas susu, Anda telah merasakan manfaat dari lusinan proses otomatis yang menghadirkan susu segar, dari peternakan ke lemari es Anda.

Dengan meningkatnya kesadaran konsumen Indonesia akan manfaat susu bagi kesehatan, permintaan susu dan produk olahannya, seperti keju dan cokelat, diperkirakan meningkat tajam dalam beberapa tahun mendatang. Namun, produksi susu dalam negeri kesulitan memenuhi permintaan, terutama karena sebagian besar produsen produk olahan susu berskala kecil sehingga tidak dapat mempertahankan hasil susu dalam volume besar.

Bagaimana Indonesia mengikuti perkembangan selera masyarakat terhadap cita rasa susu? Dengan otomatisasi cara mengumpulkan, memproses, dan mendistribusikannya! Otomatisasi berperan penting dalam mengontrol suhu dengan teliti selama proses pasteurisasi dan pengemasan, menjamin susu tetap segar dan bebas bakteri serta masuk toko dan siap diminum. Selain itu, pengemasan otomatis dapat disterilkan secara konsisten dan bekerja lebih cepat daripada operator manusia, sehingga meminimalkan risiko karton atau botol dibiarkan terlalu lama atau terkontaminasi kuman.

Teknologi otomatisasi juga dapat menilai integritas kemasan – apakah kecacatan dapat menyebabkan kebocoran, atau terpapar udara – dengan keakuratan dan kecepatan lebih tinggi daripada mata manusia. Kenyataannya, salah satu pelanggan Omron adalah Tetra Pak, produsen bahan kemasan terbesar di dunia, termasuk karton susu! Terakhir, teknologi pengemasan otomatis berperan besar dalam logistik susu: memasukkan ke pesawat dan truk dengan cepat dan efisien, dengan benturan minimal terhadap kemasan, sehingga produk masuk toko dalam keadaan masih segar. Nilai yang dihadirkan oleh otomatisasi Omron adalah memastikan susu diantar dalam keadaan segar dan sempurna serta tepat waktu, sembari mempertahankan harga terjangkau agar warga Indonesia dapat tumbuh kuat dan lebih sehat.

Sebagian besar dari susu yang diminum masyarakat Indonesia diekspor dari negara lain seperti Australia dan Selandia Baru, dan dikemas menggunakan teknologi otomatisasi yang dihasilkan oleh Omron. Nanti ketika Anda minum susu, angkat gelas untuk perjalanan teknologi mengagumkan yang membawanya ke hadapan Anda.

Bisakah otomatisasi menambah kecantikan?
#PurePossibility