Tetap kompetitif dengan Manufaktur Cerdas

Tetap kompetitif dengan Manufaktur Cerdas

Produsen saat ini harus menghadapi tantangan yang berlapis-lapis, mulai dari upaya tak kenal lelah untuk meraih manufaktur bernilai tambah tinggi, kualitas dan operasi stabil, hingga memenuhi harapan pelanggan yang tinggi terkait produk dan layanan yang dipersonalisasi. Lingkungan bisnis juga menantang dengan semakin sedikitnya pekerja ahli dan semakin tingginya biaya tenaga kerja. Kabar baiknya, saat ini semakin banyak perusahaan mengusung konsep manufaktur baru yang dapat mengatasi tantangan tersebut.

Cetak biru untuk pabrik cerdas

Salah satu contoh konsep manufaktur baru adalah 3-i. Konsep 3-i yang diciptakan oleh Omron ini merupakan cetak biru untuk mewujudkan pabrik masa depan yang cerdas. Sebagaimana dijelaskan dalam artikel kami sebelumnya, pabrik cerdas ini berpotensi merevolusi manufaktur industri, sehingga dapat mendorong produktivitas, fleksibilitas, dan kecanggihan desain secara drastis.

Dengan Omron 3-i, produsen dapat benar-benar mempercepat inovasi, menggunakan kombinasi evolusi kontrol, keselarasan antara pekerja manusia dan mesin, serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang menyokong ekonomi digital masa kini.

Pendekatan menyeluruh terhadap manufaktur tersebut menawarkan begitu banyak keuntungan. Bayangkan saja optimalisasi proses cepat dan berorientasi pada data yang berjalan secara otomatis, serta metode produksi canggih untuk meningkatkan ketersediaan mesin dan hasil secara keseluruhan, di antara sejumlah kemungkinan menarik lainnya.

Konsep kami yang berwawasan ke depan juga mencakup banyak teknologi disruptif terbaru, termasuk kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), Big Data, dan analitika tingkat lanjut. Selain itu, 3-i berlandaskan tiga pilar yang saling terkait, yaitu Cerdas, Terintegrasi, dan Interaktif.

Tiga pilar konsep manufaktur baru ini:

  • Cerdas – mengubah data dari area pabrik menjadi informasi bernilai tinggi
  • Terintegrasi – meraih integrasi teknologi tanpa masalah melalui kontrol tingkat lanjut
  • Interaktif – menciptakan interaksi yang harmonis antara manusia dan mesin

Cerdas – landasan bagi pabrik cerdas

Pilar ini berhubungan dengan peningkatan produktivitas dan kualitas melalui TIK, dengan memanfaatkan data yang dikumpulkan dari berbagai tahap produksi – mulai dari pemrosesan, penanganan material, perakitan, pemeriksaan, hingga pengiriman – untuk menyediakan wawasan strategis. Contohnya, visualisasi dan evaluasi sekilas atas performa produksi dan mesin.

Tetapi agar dapat meraih tingkat baru dalam kecerdasan manufaktur dan visibilitas operasional ini, Anda memerlukan peralatan otomatisasi industri generasi baru, seperti pengontrol mesin cerdas. Sebagai platform otomatisasi terintegrasi sepenuhnya untuk kontrol dan manajemen yang lengkap, alat ini dapat terhubung ke mesin, sensor, dan antarmuka dengan basis data eksternal, tempat data yang terkumpul dianalisis secara cepat dan aman.
Pengontrol mesin juga mendukung kemampuan pemantauan jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengakses semua parameter performa dan proses secara praktis, kapan pun dan di mana pun. Dengan mengubah data area pabrik menjadi informasi bernilai tinggi dan dapat ditindaklanjuti, produsen dapat meraih keuntungan besar dari proposisi berikut:

Mempercepat pemecahan masalah – Pantau semua mesin dan perangkat melalui aplikasi pemecahan masalah terpusat. Semua sistem utama juga mudah diatur ulang dengan menyentuh satu tombol, dan pada tingkat yang lebih mendetail, setiap perangkat lunak dan pengaturan mesin individual dapat dipulihkan dari jauh melalui kartu memori tanpa susah payah.

Pemantauan 24 jam – Akses pembaruan status secara real-time melalui PC desktop jarak jauh atau perangkat seluler seperti ponsel cerdas dan tablet. Konsolidasikan semua data produksi, analisis, lalu buat laporan performa dengan cepat bagi para pemimpin bisnis agar dapat mengambil keputusan yang lebih berwawasan.

Peringatan awal dan pemeliharaan prediktif – Lacak parameter proses penting atas mesin sebagai tindakan penanganan kegagalan serius, sehingga pengguna dapat menjamin masa aktif dan ketersediaan mesin yang optimal. Melakukan pendekatan yang lebih proaktif daripada reaktif, memanfaatkan data riwayat, statistik, dan ambang batas pengoperasian aman untuk menjadwalkan pemeliharaan prediktif.

Contoh praktis Kecerdasan Pabrik

Pada fasilitas produksi Toyota di seluruh AS, produsen mobil ini menjalankan kecerdasan pabrik dengan memanfaatkan Big Data dan IoT.

32 sistem manufaktur cerdas telah dikembangkan untuk mengumpulkan data dari area pabrik, yang dapat divisualisasikan melalui dasbor, laporan, dan perangkat seluler. Contohnya adalah Sistem Ketersediaan Operasi Toyota yang secara efektif memangkas waktu tidak aktif hingga 40.000 menit di satu pabrik saja, dan menyediakan peningkatan produktivitas serta penghematan pemeliharaan dengan jumlah total mencapai US$6 juta
Yang lebih signifikan, Toyota mampu menghemat biaya hingga US$187 juta setiap tahunnya dengan memanfaatkan Big Data untuk melacak rantai pasokan suku cadangnya.

Apakah Anda siap menyambut Manufaktur Cerdas?

Masa depan manufaktur adalah cerdas, terhubung, dan sangat berorientasi pada data. Konsep 3-i dari Omron sangat mencerminkan tren yang berkembang ini, dan memberdayakan produsen untuk berinovasi dan mempercepat proses transformasi digital mereka. Konsumen pun dapat merasakan manfaatnya, mulai dari produk yang berkualitas tinggi dan konsisten hingga ketersediaan produk yang tinggi dan waktu pemasaran yang lebih singkat.
Lihat seri manufaktur 3-i lain di Terpadu dan Interaktif.