Membentuk kembali masa depan keselamatan di tempat kerja

Membentuk kembali masa depan keselamatan di tempat kerja

Teknologi dan digitalisasi telah mengubah cara kita bekerja dan berkolaborasi. Perubahan cara kerja kita menjadi semakin intens dalam beberapa tahun terakhir berkat dorongan yang diberikan oleh perkembangan teknologi otomasi dan analisis data. Hal ini menyebabkan peningkatan produktivitas, serta meminimalkan biaya dan insiden cedera secara signifikan.

Namun bagi sebagian besar bisnis dan karyawan mereka, keselamatan di tempat kerja akan tetap menjadi fokus utama dan poin pembahasan yang penting, karena keselamatan di tempat kerja memerlukan adanya kewaspadaan secara terus-menerus. Keselamatan di tempat kerja tetap sama relevansinya dewasa ini, dan inilah alasannya.

Meningkatnya pertimbangan mengenai keselamatan di sektor manufaktur

Meningkatnya pertimbangan mengenai keselamatan di sektor manufaktur 2,3 juta kematianyang berkaitan dengan tempat kerja di tahun 2014, menurut Singapore Workplace Safety & Health Institute (Institut Keselamatan & Kesehatan Kerja Singapura). Dari jumlah tersebut, 15% dikategorikan sebagai kecelakaan dan cedera di tempat kerja, yang biasanya bisa dicegah.

Pada tahun 2016 di Singapura, industri manufaktur menempati posisi pertama dalam jumlah kecelakaan kerja yang terjadi, diikuti oleh industri konstruksi. Hal ini merupakan tren yang mengkhawatirkan, karena industri manufaktur menjadi andalan dan pendorong berbagai ekonomi negara terkemuka di dunia – misalnya Tiongkok.

Menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman

Untungnya, kita bisa melihat adanya perkembangan mutu dan jumlah robot yang gesit dan lebih ringkas yang menggantikan mesin tradisional berukuran besar. Robot-robot ini memiliki daya tahan yang tinggi dan sangat mudah beradaptasi, dan bisa dialihkan dengan cepat untuk berbagai macam jenis pekerjaan.

Robot kolaboratif atau cobot ini juga terasa “tidak bersifat eksklusif”, sehingga memungkinkan mereka untuk bekerja sama secara berdampingan dengan rekan kerja manusia. Kombinasi manusia dan mesin yang tidak biasa ini menawarkan manfaat terbaik dari dua dunia yang berbeda: ketepatan dan kecepatan robotika, yang digabungkan dengan ketangkasan dan kecerdikan manusia. Cobot hanyalah bagian dari ekosistem tempat kerja cerdas yang berkembang, yang menampilkan fitur keselamatan yang lebih baik. Sementara itu, sistem dan teknologi keselamatan baru, pelatihan yang realistis, dan budaya keselamatan utama sama pentingnya dengan Cobot ini.

Sistem keselamatan terotomasi

Seri Omron NE1A - pengendali jaringan keselamatan

Seri Omron NE1A - pengendali jaringan keselamatan

Pengendali jaringan keselamatan generasi baru yang kuat sekarang tersedia bagi produsen untuk mengintegrasikan sistem keselamatan terotomasi mereka. Beberapa pengendali bahkan mendukung rangkaian masukan dan keluaran untuk menghubungkan berbagai macam sensor dan komponen keselamatan, seperti relay dan sakelar. Model yang dipilih, seperti seri NE1A Omron, juga mencakup fungsi jaringan, yang memungkinkan pemantauan jarak jauh secara real-time melalui perangkat lunak.

Robotika otonom yang cerdas

Peralatan lainnya yang berpotensi mengubah cara kerja kita adalah Kendaraan Otonom Cerdas (AIV - Autonomous Indoor Vehicles) seperti Omron Lynx. Kendaraan ini merupakan barisan terdepan dari implementasi ilmu robotika. AIV ini bisa mendeteksi rintangan dan menavigasikan dirinya sendiri di ruang yang terbatas dengan menggunakan rangkaian laser dan sensor yang terpasang. Lynx menampilkan teknologi SLAM yang eksklusif, bisa melokalisasi dan memetakan lingkungan di sekelilingnya secara cepat dan otomatis.

AR dan VR untuk pelatihan keselamatan

Selama ini, pelatihan keselamatan tradisional dilakukan melalui materi pelatihan secara pasif, seperti video ataupun buku panduan. Dengan Dengan memanfaatkan teknologi realitas maya (augmented dan virtual reality) untuk menghadirkan tingkat realisme dan interaktivitas yang baru, setiap peserta pelatihan bisa segera mempraktikkan tindakan penanganan kondisi darurat secara nyata di dalam lingkungan virtual yang aman.

Pola pikir dan budaya keselamatan

Yang terpenting dari semuanya adalah, keselamatan di tempat kerja harus menjadi aspek integral dari budaya perusahaan yang didukung oleh semua pemangku kepentingan utama dalam organisasi. Sementara itu, badan pengatur internasional dan lembaga tingkat negara seperti Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Singapura (WSHC - Singapore’s Workplace Safety and Health Council) juga mengupayakan serangkaian inisiatif untuk mempromosikan dan mengedepankan lingkungan kerja yang lebih aman.

Contoh utamanya termasuk peringatan Hari untuk Keselamatan dan Kesehatan di Tempat Kerja, serta Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja WSHC.

Pendekatan keselamatan secara menyeluruh

Keselamatan di tempat kerja melampaui berbagai batasan teknologi yang kita gunakan. Keselamatan mencakup standar, budaya, dan pelatihan yang ada. Kami berharap agar keselamatan di tempat kerja tetap menjadi topik bahasan dan perhatian utama di masa mendatang, meskipun terjadi peningkatan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin dewasa ini.

Dengan rangkaian solusi dan produk keselamatan industri yang lengkap disertai fitur keselamatan yang lebih baik, Omron memiliki posisi yang baik untuk membantu bisnis lebih unggul dalam kesehatan dan keselamatan kerja. Harap diingat bahwa karyawan merupakan salah satu aset terbesar bagi perusahaan, yang memberikan Anda keunggulan kompetitif yang berbeda bila dibandingkan dengan para pesaing lain.