Tentang perkembangan Internet of Things yang menakjubkan

Apa kesamaan rumah cerdas, mobil pintar, dan kota cerdas? Bukan sekadar wacana, ketiga hal tersebut merupakan inovasi di tengah lingkungan Internet of Things (IoT) yang tengah berkembang sangat pesat. Dengan teknologi sensor dan koneksi antar jaringan saat ini, IoT menjadi salah satu teknologi penting sepanjang sejarah – sebuah tren tak terbendung yang akan mengubah cara kita belajar, hidup, dan bekerja.


Inisiatif “Sensing & Contro + Think” Omron dapat melakukan perubahan untuk masa depan

Namun Anda tidak boleh percaya begitu saja. Kami akan berikan beberapa contoh terkait dari Omron serta transformasi yang mampu dilakukannya, yaitu membuka berbagai kemungkinan baru di bidang manufaktur, kesehatan, mobilitas, dan sosial melalui inisiatif terbaru kami tahun ini yaitu "Sensing & Control + Think".

Menuju produktivitas dan fleksibilitas maksimal

Kebanyakan manufaktur tengah menghadapi tiga tantangan yang tak diperhitungkan sebelumnya – usia populasi global yang semakin menua, kurangnya tenaga kerja ahli, dan konsumen yang menuntut segalanya sesuai keinginan saat itu juga!, Pabrik-pabrik saat ini harus mampu memperbarui lini produksinya dengan cepat dan segera memperkuat kemampuan produksi di belahan bumi manapun. Di Omron, kami melihat era baru segera dimulai. "Lini fleksibel" yang menjanjikan produktivitas dan fleksibilitas maksimal.

Robot dan tenaga manusia bekerja berdampingan di masa depan

Robot dan tenaga manusia bekerja berdampingan di masa depan

Dengan menggabungkan teknologi sensor dan artificial intelligence (AI), robot pengantar otomatis terbaru dapat melakukan seluruh hal di atas bahkan lebih. Bayangkan sebuah koordinasi yang otomatis antara robot, mesin otomatisasi, serta perangkat keamanannya. Dengan memanfaatkan data produksi yang terakumulasi, setiap robot bahkan dapat memprogram dirinya sendiri, sehingga kemampuan mesin untuk belajar pun bukan lagi sekadar wacana.

Omron membuka seluas mungkin peluang yang dapat diciptakan oleh konsep “4M Sensing”-nya, di mana manusia, mesin, materi, dan metode berpadu dengan AI. Dengan demikan terciptalah sebuah solusi yang mampu memperkirakan sekaligus mencegah kerusakan ataupun kegagalan sebuah fungsi, sehingga angka kesalahan di lini produksi menjadi nol dan kerjasama yang harmonis antara manusia dan mesin pun terwujud. Satu contoh aplikasi yang sederhana dan efektif adalah fungsi untuk meminimalkan downtime dengan memonitor tingkat kelelahan tenaga manusia maupun mesin serta mencegah terjadinya eror.

Masa depan cerah tanpa kecemasan akan penyakit

Teknologi yang bisa dikenakan benar-benar akan mengubah definisi perawatan kesehatan di masa depan. Saat itu bukan lagi penyembuhan penyakit yang menjadi perhatian utama, tapi bagaimana mencegah agar penyakit tersebut tidak datang menghampiri. Hal ini menjadi mungkin dengan hadirnya perangkat yang bisa langsung dikenakan dan menghubungkan penggunanya dengan penyedia jasa perawatan kesehatan secara real-time. Berbagai data penting dapat dimonitor untuk mendeteksi tanda kejanggalan, dan yang lebih penting, memberi indikasi awal akan berbagai kondisi yang mengancam jiwa, sehingga dapat diambil tindakan pencegahan dini.


Pengukuran tekanan darah beat-by-beat melalui perangkat yang dikenakan di pergelangan tangan

Berkat keahlian serta pengalamannya dalam upaya pencegahan yang dimulai dari perangkat pengukur tekanan darah individu, Omron pun menjadi pionir dalam menciptakan sistem baru pengukuran tekanan darah beat-by-beat. Dengan memanfaatkan sensor tonometri khusus yang dipasang di pergelangan tangan, sistem tersebut dapat secara akurat memonitor intensitas naik/turunnya tekanan darah – sebanyak 100.000 detak jantung setiap harinya. Kami bercita-cita menurunkan tingkat kejadian penyakit jaringan otak (cerebral) dan kardiovaskular ke nol, menggunakan data yang terkumpul sebagai upaya pencegahan.

Menghapus angka kecelakaan dan kemacetan lalu lintas

Sekitar 1,25 jutaorang meninggal karena kecelakaan lalu-lintas setiap tahunnya. Banyak dari kejadian tersebut sebetulnya dapat dihindari. Peningkatan jumlah kasus yang disebabkan kelalaian pengemudi ini pun turut meningkatkan kebutuhan akan teknologi cerdas untuk keamanan berkendara. Hal ini yang mendorong Omron mengembangkan sebuah teknologi inovatif driver concentrating sensor – pertama di dunia, yang menggabungkan teknologi pengindraan (sensing) gambar kami dengan kemampuan belajar tertinggi dari AI.

Apakah Anda siap menyambut transportasi yang cepat dan mandiri?

Apakah Anda siap menyambut transportasi yang cepat dan mandiri?

Sistem tersebut dapat menganalisa berbagai gerakan pengemudi serta kondisi kesehatannya untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Dilengkapi dengan data yang relevan, para produsen mobil dapat merancang perpindahan kendali ke posisi swa-kemudi sehingga kendaraan bisa berhenti dengan aman. Kemampuan seperti ini sangat diperlukan untuk keselamatan berkendara mandiri, serta layanan bernilai tambah yang terbaru seperti asuransi kesehatan maupun asuransi otomobil individu terencana.

Hubungkan dan manfaatkan data untuk menciptakan nilai baru

Pepatah lama mengatakan bahwa ilmu adalah kekuatan. Hal inilah yang menjadi inspirasi Omron dalam menciptakan "Sensing Data Trading Market" dengan keinginan memberi solusi terhadap permasalahan sosial. Bayangkan dunia tanpa kemacetan. Hal ini dapat terwujud jika kita mampu membantu orang lain mengatur jadwalnya, dengan memanfaatkan data yang terkumpul berdasarkan sensor terhadap status kunjungan ke rumah sakit, gedung balai kota, supermarket, dan stasiun kereta.

Maksimalisasi penggunaan data melalui IoT saat ini baru dapat dimanfaatkan di masing-masing platform. Namun dengan platform terbuka kami, berbagai ide untuk melakukan transformasi dalam kehidupan akan tersalurkan begitu kami membagikan data yang informatif ke berbagai penjuru dunia. Implikasi unik lainnya dari kumpulan data ini adalah “Senseek”. Sebuah teknologi yang diciptakan Omron sesuai dengan pengguna dan penyedia layanan, selain untuk memastikan keamanan pertukaran serta distribusi data.

Sensing & Control + Think membuka peluang inovasi baru

Percayalah. Semua yang Anda bayangkan, mulai dari perangkat rumah tangga hingga pabrik, akan menjadi cerdas dan serba terhubung dalam waktu dekat. Mungkin saja miliaran perangkat IoT mengubah dunia yang kita tahu saat ini. Omron secara konsisten berinovasi untuk menciptakan teknologi terbaru untuk kehidupan manusia yang lebih baik. Sensing & Control + Think, teknologi yang memiliki kemampuan manusia dalam belajar, membuka pintu menuju masa depan yang inspiratif, dan kami memanfaatkan teknologi penting ini untuk memperluas potensi manusia sekaligus menjawab berbagai tantangannya.