Manufaktur Terpadu untuk Pabrik yang Lebih Cerdas

Manufaktur Terpadu untuk Pabrik yang Lebih Cerdas

Sekarang, semakin banyak perangkat sehari-hari, mulai dari peralatan rumah tangga sampai mobil, yang terhubung ke internet. Tren yang sama dan dampaknya juga dapat terjadi di industri manufaktur. Produsen tidak dapat lagi mengoperasikan mesin mereka di silo dengan mengorbankan efisiensi dan interoperabilitas. Sekarang dan di era pabrik cerdas, area produksi sudah seperti jalur informasi yang tak terlihat, karena data akan terus-menerus dipertukarkan antarmesin.

Omron 3-i dan pilar terpadunya

Menggunakan pendekatan sesuai data adalah konsep manufaktur 3-i Omron yang mempertimbangkan Industry 4.0, Data Besar, Internet of Things (IoT), dan pengembangan teknologi lainnya. Anda bisa menganggap 3-i sebagai cetak biru untuk menciptakan pabrik cerdas terhubung yang lebih baik dan lancar. Menurut analis ternama, hal ini tidak hanya menghasilkan produksi yang lebih besar, tetapi dapat memicu revolusi industri–mempercepat inovasi dengan laju yang belum pernah terjadi, yang membawa kita selangkah lebih dekat dengan manufaktur otomatis menyeluruh yang sepenuhnya mandiri.

Omron 3-i memiliki tiga pilar penting, yaitu Cerdas, Terpadu, dan Interaktif. Pada tahap kedua dari rangkaian 3-i ini, kami akan menjelaskan pilar Terpadu untuk mencapai integrasi teknologi yang lancar melalui kontrol canggih.

Platform Otomatisasi Terpadu

Hari ini telah muncul Platfom Otomatisasi Terpadu dan canggih yang ditujukan untuk kontrol lengkap dan manajemen pabrik. Platform ini memungkinkan keselarasan pengoperasian dari semua perangkat mesin dan kemampuan baru yang menarik, seperti gerakan ultra-presisi, robot cerdas, dan konektivitas database.

Keuntungan lainnya mencakup desain arsitektur sederhana, berkurangnya upaya pemrograman, dan meningkatnya produktivitas. Ini memungkinkan adanya kecepatan tak tertandingi tanpa mengurangi keandalan, dan lebih penting lagi, menentukan tahapan untuk manufaktur nilai tambah yang lebih tinggi.

Berikut adalah dua karakteristik platform ini:

  • Lingkungan pengembangan terpadu (IDE) dan perangkat lunak
  • Koneksi terpadu

IDE – Satu alat untuk semua otomatisasi

IDE adalah perangkat lunak yang cocok untuk menghubungkan, mengonfigurasi, menyimulasikan, dan memantau aspek penting dari otomatisasi pabrik generasi berikutnya dan sistem manufaktur cerdas.

  • Gerakan
    Kontrol posisi, kecepatan, dan torsi yang sinkron secara waktu nyata untuk memastikan gerakan yang halus dan andal, sekaligus menunjang kecepatan dan presisi.
  • Keselamatan
    Sekarang, semua data terkait keselamatan dapat dibagikan dan dianalisis, yang memudahkan pengelolaan fungsi keselamatan seperti mematikan darurat dan pintu keselamatan.
  • Visi
    Selain verifikasi dan menilai aplikasi, algoritme pencarian bentuk baru dapat mewujudkan deteksi objek yang lebih akurat.
  • Robot
    Mengoperasikan sekelompok robot dengan mudah, dan memanfaatkan kemampuan “blok fungsi robot berbasis waktu” yang mutakhir untuk pemrograman yang lebih mudah.
  • Pengindraan
    Pengumpulan dan sinkronisasi deteksi berpresisi tinggi dan data pemosisian melalui jaringan. Pengetahuan terkait produksi yang terkumpul juga dapat menjadi aset yang tak ternilai.
  • Informasi
    Komunikasi waktu nyata dengan database eksternal, dan pertukaran data berkecepatan tinggi yang dioptimalkan untuk data besar guna meningkatkan produktivitas dan pemeliharaan prediksi alat bantu.

Satu koneksi terpadu untuk semua mesin

Kontrol mesin seketika dan manajemen data pabrik hanya dapat dicapai melalui koneksi cepat dan siap sedia untuk menghubungkan perusahaan dan perangkat kelas mesin. Inilah alasan Platform Otomatisasi Terpadu mendukung EtherCAT. Sebagai jaringan otomatisasi pabrik standar dunia, EtherCAT menawarkan performa jaringan tercepat dan fleksibel, serta mendukung hingga 192 koneksi.

Keuntungan pendekatan yang sepenuhnya terpadu

Aktivitas bisnis dapat memanfaatkan manufaktur terpadu dan Platform Otomatisasi Terpadu untuk mendapatkan dua keuntungan berbeda. Dari sudut pandang evolusi kontrol, aplikasi kontrol yang lebih canggih dapat mengatasi banyak masalah produksi yang ada, mengurangi beban kerja karyawan, dan penghentian intermiten. Misalnya, menggabungkan pemantauan getaran dan penekanan untuk penanganan materi berkecepatan tinggi.

Keuntungan besar lainnya adalah menyempurnakan teknologi untuk memaksimalkan performa mesin. Meskipun verifikasi visual merupakan cara efektif untuk meminimalkan gangguan produksi, tetapi ini sangat melelahkan dan tidak dapat dilakukan dalam waktu nyata.

Inilah aspek yang melibatkan teknologi Siber-fisik. Teknologi ini mengatasi batasan tersebut dengan menyimulasikan data sebenarnya di lingkungan virtual sebelum memasukkan kembali hasil terbaik ke mesin yang sedang beroperasi. Perpaduan antara dunia nyata dan virtual berpotensi merevolusi manufaktur, menciptakan nilai baru dengan mesin yang dapat beroperasi lebih cepat dan tepat.

Harley Davidson memimpin revolusi manufaktur

Pada fasilitas manufaktur, AS Harley-Davidson, setiap mesin dihubungkan, dipantau, dan dianalisis secara terus-menerus melalui sistem otomatisasi terpadu. Data yang dikumpulkan digunakan untuk mengantisipasi kebutuhan pemeliharaan sehingga dapat menghindari gangguan alur kerja, serta mengenali faktor yang akan meningkatkan efisiensi dan simpul lewatan.

Ini memungkinkan produsen motor ikonik (dalam sepersepuluh detik) menyebutkan waktu yang diperlukan untuk memasang setiap komponen, dan terus memberikan informasi kepada floor manager terkait masalah di setiap komponen. Faktanya, Harley-Davidson bahkan dapat mengukur kecepatan putaran dari kipas ventilasi pabrik untuk menciptakan tempat kerja yang kondusif.

Sejauh ini, sistem ini menghemat biaya operasional perusahaan sebesar US$200 juta, dan memangkas jadwal produksi untuk pesanan baru dari 21 hari menjadi hanya enam jam.

Manufaktur Terpadu adalah jalan menuju sukses

Otomatisasi tradisional sudah tidak memadai untuk menghadapi situasi ekonomi yang cepat berubah dan sangat kompetitif, karena pelanggan mengharapkan produk yang sesuai kebutuhan dan diproduksi dengan sangat cepat. Tren ini mengharuskan produsen menggunakan lantai produksi yang sepenuhnya terpadu untuk memanfaatkan potensi teknologi yang sebenarnya, yang terdapat pada konsep inovatif seperti Omron 3-i, manufaktur yang dipadukan dengan komputer, dan sistem manufaktur terpadu.

Pengadopsi awal, termasuk Harvey Davidson, telah mendapatkan keuntungan tersebut dan mereka sudah mendahului para pesaing. Anda bisa jadi yang berikutnya! Klik di sini untuk informasi selengkapnya. Lihat seri manufaktur 3-i lain di Cerdas dan Interaktif