Bagaimana Meminimalkan Waktu Teknis untuk Sistem Otomatisasi Industri

Mulai dari manufaktur hingga manajemen gedung, sistem otomatisasi industri sudah tidak terpisahkan dari dunia digital saat ini. Dan masing-masing sistem tersebut memiliki kecerdasan yang diperoleh dari sebuah PLC atau programmable logic controller. Untuk memenuhi kebutuhan pasar, telah tersedia PLC generasi terbaru yang mengombinasikan fleksibilitas tinggi dengan performa serta keandalan yang luar biasa.

Sistem Otomatisasi Industri

Pahami lebih lanjut bagaimana kedua perusahaan berikut mengatasi berbagai tantangan bisnis mereka dengan menggunakan PLC terbaru – perusahaan penyedia solusi switchgear Gathergates berhasil melakukan penghematan, sementara system perusahaan sistem integrator Hyro-Trent menjadi lebih kompetitif dengan meminimalkan waktu yang digunakan untuk keperluan teknis dan troubleshooting.

Gathergates

Berkantor pusat di Singapura, Gathergates merupakan penyedia solusi switchgear dan listrik yang memiliki kantor cabang dan/atau fasilitas manufaktur di Singapura, Malaysia, Filipina, Indonesia, Myanmar dan India. Klien mereka berasal dari berbagai kalangan termasuk perumahan, komersial dan industri yang tersebar di kawasan Eropa, Indo-Cina dan Asia.

Dengan berbagai proyek yang menuntut waktu pelaksanaan yang singkat, mengurangi waktu teknis untuk mengembangkan berbagai kendali gedung telah menjadi tantangan terbesar bagi Gathergates. Perusahaan ini baru saja menghadapi sebuah masalah, di mana kegagalan sistem sebuah ruang pendingin (cold room) berdampak pada seluruh sistem manajemen pabrik dan fasilitasnya.

Dukungan dari PLC seperti Omron CP1L meningkatkan konektivitas untuk Modbus, menjadikan proses integrasi controller ini sangat mudah bagi Gathergates. Kemudahan ini disertai dengan software kendali yang user-friendly dan pengaturan sistem yang disederhanakan sehingga sangat membantu mempersingkat waktu teknis.

Omron  CP1L (hitam) ketika ‘menyuntikkan’ kecerdasannya ke dalam kendali sebuah gedung

Omron CP1L (hitam) ketika ‘menyuntikkan’ kecerdasannya ke dalam kendali sebuah gedung

Terkait dengan kegagalan cold room di atas, risiko dapat dihindari berkat kualitas yang sangat terkendali, didukung oleh tim teknisi dengan keahlian dan pengalaman yang mumpuni. Berbagai faktor ini secara keseluruhan meningkatkan keandalan sistem dan meminimalkan downtime.

Dengan memanfaatkan PLC Omron, Gathergates sukses mengurangi waktu teknis, yang juga membantu menghemat biaya secara keseluruhan. Waktu yang dibutuhkan untuk troubleshooting di lapangan pun berkurang, berkat standarisasi solusi Omron yang memudahkan desain sistem dan jalur kerja operasional.

Lebih penting lagi, kemudahan penggunaan solusi Omron ini telah membantu Gathergates bersaing di pasarnya, sehingga para teknisinya pun berhasil memperoleh lebih banyak proyek.

Hydro-Trent

Hydro-Trent adalah integrator sistem yang bermarkas di Malaysia dan memiliki spesialisasi di bidang desain, suplai, instalasi, pengujian, percobaan, serta pemeliharaan sistem instrumen dan kendali. Beberapa dari proyek yang dikerjakan adalah sistem pengairan yang cukup besar di Brunei, Indonesia, Malaysia dan Vietnam.

Tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana meningkatkan otomatisasi serta kendali terhadap pemeliharaan air dan pembuangannya agar selalu dapat menanggapi tingginya permintaan dari negara-negara tersebut. Hal ini mengimplikasikan kebutuhan akan pilihan PLC yang lebih variatif dengan cakupan fungsi yang lebih luas serta mudah dioperasikan, sehingga dapat memenuhi beragam kebutuhan pelanggan regionalnya.

Teknisi Omron dan pelanggannya bekerja berdampingan sebagai sebuah tim

Teknisi Omron dan pelanggannya bekerja berdampingan sebagai sebuah tim

Selain memberi kemudahan bagi Hydro-Trent dalam menciptakan sistem yang andal, PLC seri CS milik Omron juga memiliki fungsi pemeliharaan yang mendukung operasional di lapangan serta penggantian hardware. Hal ini sangat membantu perusahaan dalam hal programming, pengujian, serta percobaan yang tepat waktu untuk setiap proyek.

Bagi pelanggan Hydro-Tent, seluruh manfaat tersebut terwujud dalam berkurangnya biaya operasional dan peningkatan produktivitas. Manfaat seperti ini merupakan komitmen utama dari para teknisi Omron, yang memastikan kelancaran performa sebuah sistem.

Dengan memanfaatkan teknologi PLC Omron, Hydro-Trent kini bisa lebih bersaing karena mampu mengurangi waktu teknis dan troubleshooting dengan jumlah masing-masing sebesar 25% dan 15%. Hal ini dapat diraih terlepas dari kompleksnya pengembangan sistem aplikasi pemeliharaan air yang bersifat sangat spesifik dan kritis.

Inovasi terbaik dari Omron

Omron CP1L merupakan salah satu programmable controller dengan performa tinggi. Dengan fitur Ethernet, CP1L memiliki jaringannya sendiri dan ideal untuk digunakan oleh pabrik cerdas. Sementara itu, seri CS merupakan solusi yang terintegrasi secara keseluruhan, dapat mendukung kendali sequence dan proses di tingkat yang lebih tinggi. Klik di sini untuk penjelasan lebih lanjut atau hubungi kami di contact@ap.omron.com.