Pulang kerja dengan selamat – terima kasih mitra otomatisasi!

Mesin – teman di tempat kerja?

Kita seringkali menyepelekan pulang kerja dalam kondisi selamat dan sehat. Namun, ada banyak orang, khususnya yang bekerja di industri berat seperti produksi dan pertambangan, yang menganggap pulang dengan selamat sebagai anugerah, bukan hal yang sudah pasti. Di negara seperti Indonesia, yang sangat mengandalkan industri ini, kecelakaan kerja masih sering terjadi: terakhir yang tercatat di Indonesia berjumlah lebih dari 100 ribu pada tahun 2012, dengan alur yang secara perlahan terus meningkat.

Di banyak industri yang tingkat otomatisasinya tinggi, mesin selalu dilengkapi dengan tanda ‘Bahaya’ atau ‘Perhatian’. Dengan dikelilingi mesin di tempat kerja, rasanya seperti berkeliaran di ladang ranjau.

Industri seperti ini harus terus berkembang dan akan memerlukan lebih banyak orang, khususnya di negara seperti Indonesia. Namun, apakah Anda akan bergabung dengan industri yang memiliki risiko hilangnya anggota badan? Pastinya semua orang akan mengatakan "tidak". Ketika Anda mengetahui adanya kecelakaan, apakah Anda akan memberitahukannya kepada teman agar tidak bergabung dengan perusahaan tersebut?

Ada banyak manfaat bisnis yang bisa didapatkan di tempat kerja yang lebih aman: meningkatnya produktivitas dan kebahagiaan, serta merekrut dan mempertahankan (secara harfiah) sumber daya menjadi lebih mudah. Ada satu solusi untuk menciptakan tempat kerja yang lebih aman, yaitu Mesin yang mampu bermitra dan menjaga keselamatan manusia.

Mesin ini akan menjadi bagian yang lain dari hari kerja normal, yang akan menjaga Anda secara diam-diam. Kenyataannya, mesin ini berperan penting dalam menjaga keselamatan orang dan pekerjaan di industri yang memiliki potensi bahaya.

Bahaya, bahaya!

Mesin yang paling dasar terdiri dari sensor dan mesin otomatisasi – sensor akan mendeteksi ketika suatu kondisi tidak aman, dan mesin otomatisasi mengambil tindakan untuk menghindarkan orang dari cedera atau bahkan sekarat. Omron adalah pemimpin industri di bidang teknologi otomatisasi ini: salah satu produk sensor kami, misalnya, dapat memantau dan menghilangkan muatan elektrostatis yang sering muncul pada alur produksi di pabrik. Dengan memasang sensor Omron ini, manajer dapat mengurangi risiko sengatan listrik yang dapat mencederai karyawan, menyebabkan kesalahan fungsi pada peralatan lainnya, atau bahkan memicu ledakan bahan bakar atau gas. Ini adalah waktu yang tepat untuk menyingkirkan percikan di tempat kerja!

Peralatan berat robot, seperti derek, juga dapat bermitra dengan manusia dalam menjaga keselamatan. Jenis sensor Omron lainnya dapat berupa alarm peringatan selama pergerakan derek melalui zona padat penduduk. Ketika mendeteksi gerakan yang tidak terduga seperti ini, sensor akan memperingatkan pekerja dan bahkan mematikan pengoperasian derek untuk mencegah bahaya pada mitra manusianya.

Melindungi Pembuatnya

Mesin dan sensor bahkan dapat meningkatkan keselamatan bagi pembuatnya! Beberapa sensor Omron, misalnya, mengeluarkan perintah “hentikan gerakan” ke mesin semi-otomatis atau lengan robot ketika pekerja terdeteksi di area kerja. Mesin ini hanya akan melanjutkan pekerjaan setelah semua orang dirasa aman dari bahaya. Sama dengan hal itu, sensor pasif juga dapat membantu mendeteksi pergerakan ke area kerja yang berisiko atau tidak boleh diakses dan mencegah pekerja terjebak di tempat kerja.

Teknologi otomatisasi dan sensor akan menjadi teman baik di industri produksi, otomotif, dan mekanik lainnya yang mendukung negara berkembang di Asia, bukan untuk menggantikan pekerja manusia. Di Omron, kami percaya bahwa teknologi dapat mewujudkan masyarakat yang lebih baik, dan teknologi kami dapat membantu mengubah pabrik apa pun menjadi lingkungan kerja bebas kecelakaan di masa mendatang.

“Dengan menciptakan lingkungan yang aman, kami juga menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan lebih produktif”, kata Budi Sutanto, Direktur Eksekutif PT. Omron Electronics Indonesia. “Otomatisasi adalah alat untuk meningkatkan kemampuan kita dalam mengenali dan mengatasi risiko, mengurangi kemungkinan kecelakaan secara drastis. Sebagaimana kecanggihan sektor produksi di Indonesia terus mengalami peningkatan, pekerja yang bertanggung jawab atas ekonomi ini akan pergi ke tempat kerja dengan percaya diri karena ada jaminan keselamatan 100% – semua berterima kasih kepada ‘teman’ bisu dari teknologi otomatisasi di tempat kerja mereka”.

Bisakah otomatisasi menciptakan pertemanan?
Berpikir Bermimpi Menginspirasi!